10 Cara Mencegah Bacin Verbal Ketika Berpuasa

Berbagi 10 - Selama bulan Ramadan, umat Islam di seluruh dunia akan menunaikan ibadah puasa. Salah satu dilema paling umum selama puasa yakni bacin lisan yang tidak sedap. Kondisi ini dalam istilah medis disebut halitosis. Apa yang mengakibatkan bacin lisan dan bagaimana cara mengatasinya? Penyebab bacin lisan umumnya disebabkan penyakit menyerupai diabetes, merokok, penyakit ginjal, dan gangguan perut. Faktor yang mengakibatkan bacin lisan ketika berpuasa lainnya yakni acara basil yang berada di dalam mulut. Setelah mengetahui penyebabnya, sekarang kita sanggup mengatasi bacin lisan tidak sedap selama berpuasa. Berikut ini 10 Cara Mencegah Bau Mulut Ketika Berpuasa dari daftar Berbagi 10.

 umat Islam di seluruh dunia akan menunaikan ibadah puasa 10 Cara Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Cara Mencegah Bau Mulut

1. Minum Air Putih

Minum air putih sebanyak 8-10 gelas selama kita berbuka dan ketika sahur,sehingga bacin lisan sanggup dinetralisir dengan cepat.Air putih juga bermnafaat untuk meningkatkan produksi saliva ( air liur ) dalam mulut,sehingga sanggup membantu menjaga kebersihannya.

2. Gosok Gigi

Setelah berbuka dan sahur, gosoklah gigi secara menyeluruh termasuk penggalan lidah. Jika kurang higienis dalam menyikat gigi sanggup meninggalkan partikel makanan membusuk didalam mulut.

3. Minum Teh Hijau

Selain air putih, minum teh hijau tanpa gula ketika berpuasa dan mekan sahur juga akan membantu mengatasi aroma tidak sedap pada mulu. Hal ini lantaran teh hijau mengandung zat polyphenol yang sanggup membantu membunuh basil pada lisan dan terusan pernafasan. Fungsi lain dari tanaman ini yakni mengurangi peradangan pada rongga lisan dan gangguan pernafasan yang disebabkan oleh adap rokok.

4. Kurangi Makanan yang Mengandung Gula

Kurangi makanan yang banyak mengandung gula untuk mencegak pengeroposan pada gigi. Hindari pula makanan yang sanggup menghasilkan bacin tak sedap pada lisan menyerupai petai, jengkol, dan durian.

5. Hindari Merokok

Hindari rokok lantaran merokok dalam kondisi tak berpuasa pun, merupakan salah satu penyebab bacin mulu yang tak sedap.

6. Hindari Makanan yang Praktis Lengket

Hindari makanan yang gampang lengket pada gigi menyerupai cokelat, es krim, biskuit, dan makanan ringan bagus berair lainnya. Jika ingin tetap mengkonsumsi makanan tersebut segera berkumur atau dibersihkan biar makanan tersebut tidak melekat pada gigi dalam waktu yang sangat lama.

7. Obat Kumur Antiseptik

Untuk hasil lebih maksimal, gunakan juga obat kumur antiseptik. Anda juga sanggup memakai benang gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan pada sela-sela gigi. Jangan lupa tinggalkan kebiasaan menggosok gigi sebelum tidur malam.

8. Olahraga Ringan

Berolahraga ringan secara teratur menjelang atau setelah berbuka puasa juga bermanfaat. Olahraga sanggup melepaskan zat-zat beracun dalam badan termasuk penyebab bacin pada mulut.Hindari tidur yang terlalu usang lantaran hal ini akan memacu bacin lisan yang tidak sedap juga.

9. Benang Gigi

Gunakan benang gigi (dental floss) untuk membersihkan sela-sela gigi yang tidak terjangkau dengan sikat gigi.

10. Konsultasi dengan Dokter

Terakhir, segeralah konsultasikan dengan dokter gigi kalau anda mengalami dilema pada gigi dan lisan menyerupai gigi berlubang, karang gigi,peradangan pada lisan dan sariawan.

Cara Mencegah Bau Mulut dalam daftar top 10 kali ini semoga sanggup bermanfaat untuk anda serta sanggup dijadikan materi acuan bagi anda yang sedang berpuasa. Sekian dulu daftar mengembangkan 10 kali ini. dapatkan tips menarik lainnya untuk memudahkan melaksanakan sesuatu setiap harinya. 

Baca: 10 Hal yang Tidak Membatalkan Puasa

Tag : Tips
0 Komentar untuk "10 Cara Mencegah Bacin Verbal Ketika Berpuasa"

Back To Top