10 Tips Gampang Untuk Berguru Matematika

 Tidak bisa dipungkiri bahwa matematika yaitu salah satu ilmu pengetahuan yang banyak mem 10 Tips Praktis Untuk Belajar Matematika

10 Tips Praktis Untuk Belajar Matematika - Tidak bisa dipungkiri bahwa matematika yaitu salah satu ilmu pengetahuan yang banyak mempunyai manfaat dalam kehidupan manusia. Tanpa disadari, aneka macam bab dari hidup kita yang berkaitan dengan matematika.

Namun sayangnya, tidak sedikit dari kita yang menganggap bahwa matematika merupakan pelajaran yang menakutkan. Padahal bila kita mengenal matematika dengan baik, maka kita juga akan bisa 'bersahabat' dengan matemtika. Salah satu cara kita menyukai matematika yaitu dengan mengetahui cara cepat berguru matematika.

Berikut ini yaitu cara cepat berguru matematika:

1. Luruskan Niat
Hal pertama yang harus kita lakukan yaitu "Meluruskan Niat" dalam berguru matematika, janganlah kita berguru matematika hanya untuk mendapatkan nilai yang manis sebagai syarat lulus mata ujian Matematika.Kalau cuma mau sanggup nilai itu gampang tinggal nyontek aja kan bisa. Ingat tujuan kita yaitu mencari ilmu, bukan mencari nilai. Kebanyakan dari kita jikalau telah melewati ujian/test, maka kita akan meninggalkan dan melupakan bahan yang telah kita pelajari tersebut. Maka dari itu niatkan berguru matematika untuk menambah pengetahuan kita. Karena dengan berguru matematika, daya kebijaksanaan otak kita akan terasah dengan baik sehingga gampang untuk mendapatkan pelajaran yang lainnya. Ingat sekali lagi, jangan hanya berorientasi kepada Hasil ujian, tapi berorientasilah pada Proses belajarnya.

2. Selalu memakai cara yang menyenangkan
Siapapun akan oke bahwa mempelajari sesuatu dengan hati yang bahagia akan bisa dengan gampang memahami hal tersebut. Begitu juga dengan matematika. Serumit apapun soal matematika, bila kita mempelajarinya dengan bahagia ataupun memakai cara yang menyenangkan, maka kita bisa dengan cepat menguasainya

3. Gunakan simbol
Mengapa harus memakai simbol? alasannya matematika intinya bersifat abnormal (tidak nyata). Oleh alasannya itu, supaya kita tidak kesulitan dalam berguru matematika, kita harus bisa memegang, merasakan, serta melihat sehingga kita harus bisa mewujudkan dalam bentuk kasatmata supaya kita bisa dengan gampang memahami matematika

4. Jabarkan dalam bentuk cerita
Sebuah soal matematika yang sangat rumit dan sulit, akan bisa terlihat gampang untuk dipecahkan bila diuraikan dalam bentuk cerita. Ini bekerjasama dengan penggunaan nalar berfikir. Oleh alasannya itu, bila kita telah terbiasa memakai nalar berfikir dalam memecahkan soalmatematika, maka kita tidak akan menemui kesukitan bila kita menjumpai sebuah soal matematika dalam bentuk dongeng

5. Selalu memakai nalar berfikir
Matematika tidak hanya membutuhkan kemampuan berhitung alasannya bila hanya berhitung saja, maka kita bisa dengan gampang memakai alat bantu menyerupai kalkulator. Yang paling penting dalam berguru matematika yaitu nalar berfikir. Oleh alasannya itu diharapkan pemahaman yang benar perihal matematika

6. Kenali, kemudian Cintai matematika
Point ini merupakan poin yg paling penting dalam berguru matematika. Kita akan sangat gampang mempelajari sesuatu jika kita mencintainya terlebih dahulu. Bagaimana mau menyayangi matematika jikalau kita tidak mengenalnya? maka langkah pertama yaitu kita harus mengenal dulu atau istilah anak muda PDKT dulu. Kita harur mengenal apa itu matematika?, apa fungsi matematika bagi kehidupan sehari hari?.

Memang mengenal itu sulit, tapi kalau sudah niat anda niscaya bisa. Jika kau sudah mengenalnya, maka kau akan tahu bahwa matematika sangatlah diharapkan dalam kehidupan sehari hari. Contoh sederhananya yaitu setiap orang niscaya perlu menghitung uang. Sungguh tak mungkin kita bisa hidup jauh dari matematika.

Maka Tanamkanlah dalam pikiran kita bahwa matematika itu sesuatu yang berguna, indah, menarik dan sebagai teka-teki yang menyenangkan untuk dipecahkan. jikalau kita sudah kenal maka cintailah matematika. Jika kita telah mencintainya, Semua rumus yang kelihatannya rumit tiba-tiba akan menjadi gampang untuk dipelajari. Begitulah kekuatan cinta, kalau sudah cinta kita niscaya rela menunjukkan segalanya demi yang kita cintai.

7. Banyak Latihan dan Belajar
Beberapa point diatas akan sangat tidak berkhasiat jikalau ujung ujungnya kau tidak mengambil langkah untuk segera berguru dan banyak latihan dengan rajin dan konsisten. Terkadang ada masanya kita semangat sekali untuk belajar, namun ada juga masa-masa dikala malas sekali untuk belajar. Maka disini butuh kedisiplinan serta kekonsistenan dalam mempelajari matematika.

Dalam 1 hari Tidak perlu meluangkan terlalu banyak untuk belajar, cukup sedikit waktu namun tetap kontinyu dan konsisten. Matematika yaitu ilmu hitung, tentu akan semakin baik berguru ilmu hitung dengan berlatih menghitung dengan rajin. banyakin latihan membahas/mengerjakan soal-soal, alasannya jikalau kita sudah terbiasa, maka akan gampang bagi kita untuk menuntaskan soal yang sama dikemudian hari. Selain itu hal tersebut juga bisa menciptakan pemahaman kita kepada matematika semakin mendalam.

Setidaknya ada 7 tahap cara berguru yang baik:

  1. Pahami Materi dengan rumus rumusnya
  2. Kelompokan rumus rumus yang ada
  3. Mulai mengerjakan soal-soal yang ada pembahasannya.
  4. Kerjakan soal tadi tanpa liat pembahasan.
  5. Kerjakan soal lain yang tipenya sama.
  6. Terus berlatih soal-soal yang lain.
  7. Jangan hanya berguru dari satu buku, alasannya biasanya ada buku yang tidak menjelaskan persamaan secara detail sehingga susah untuk dipelajari. Kaprikornus disarankan biar mencari buku rujukan yang lain biar semakin gampang dalam mempelajari.

8. Tiada kata "Aku Tak Bisa" dan "Putus Asa"
Putus Asa merupakan penyakit yang paling sering ditemui setiap orang dikala berusaha untuk mendapatkan sesuatu. Ketika kita berguru matematika, hindarilah sejauh mungkin kata putus asa, dikala kita menemukan soal yang rumit,maka segera minta santunan ke guru matematika atau ke teman yang sudah memahami.

Sebisa mungkin jauhkan diri dari mengucapkan kata "Aku Tak Bisa" alasannya hal tersebut hanya memperburuk keadaan, dikala kau merasa bahwa kau tidak bisa mengerjakannya, maka katakanlah "Aku Pasti Bisa"!! Berilah semangat motivasi untuk diri sendiri, alasannya setiap permasalahan niscaya ada pemecahannya.. Ingat AKU PASTI BISA.....

9. Sabar
Sabar dalam belajar, sabar dalam memecahkan persoalan, sabar dalam melaksanankan segala sesuatu, Ingat orang sabar disayang Tuhan.

10. Berdoa
Sebelum kita memulai berguru matematika, ada baiknya kita berdoa biar Allah SWT memberi fasilitas bagi kita untuk memecahkan setiap duduk masalah yang terdapat di bahan yang kita pelajari. Allah SWT itu kan Maha Pintar, maka mintalah kepada-NYA biar kita bisa memahami bahan yang kita pelajari. Selain itu biar kita tetap konsisten dalam berguru dan gigih dalam berusaha, serta tidak gampang frustasi dalam belajar. Kaprikornus selain berusaha kita juga harus berdoa.

10 Tips Praktis Untuk Belajar Matematika
sumber
Tag : Tips
0 Komentar untuk "10 Tips Gampang Untuk Berguru Matematika"

Back To Top