10 Cara Melatih Anak Untuk Berpuasa

Berbagi 10 - Semua umat muslim sudah mengetahui bila Puasa di bulan Ramadhan hukumnya wajib bagi kaum muslim yang sudah baliq. Tidaklah gampang menjalankan puasa untuk pertama kali, apalagi untuk anak-anak. Untuk itu ada baiknya bila kita sanggup mengajarkan puasa pada anak semenjak dini. Berbagi 10 mencoba menyebarkan warta terkait cara mengajari anak untuk berpuasa dikala bulan ramadhan. Seperti apa tipsnya? Berikut ini ialah beberapa cara/tips mendidik anak untuk berpuasa di bulan Ramadhan.

 Semua umat muslim sudah mengetahui bila Puasa di bulan Ramadhan hukumnya wajib bagi kaum  10 Cara Melatih Anak Untuk Berpuasa

Melatih Anak Berpuasa

1. Konsep Ramadhan
Hal pertama yang sanggup Anda lakukan ialah jelaskan padanya soal konsep Ramadan. Dengan memperlihatkan klarifikasi tersebut, mereka sanggup mencicipi semangat Ramadan. Anak-anak biasanya mencar ilmu dan memahami semangat bulan puasa ini dari orangtua mereka, kakek dan nenek, abang atau anggota keluarga lainnya yang lebih tua. Saat anak sudah menyadari pentingnya puasa, beliau secara otomatis akan mencar ilmu menghargai dan siap menjalaninya.

2. Sabar
Sangat penting untuk Anda dan anggota keluarga lainnya tidak memperlihatkan rasa lapar dan haus dikala berpuasa di depan anak-anak. Tunjukkan pada anak kalau puasa itu harus dijalani dengan kesabaran dan tidak banyak mengeluh.

3. Puasa Bertahap
Untuk bawah umur yang gres menjalani puasa untuk pertamakalinya, Anda sanggup mengajarinya untuk berpuasa sampai pukul 10.00 atau 12.00. Biasanya secara perlahan, anak akan sanggup berpuasa sampai waktu yang lebih lama.

4. Semangat
Usahakan Anda tidak lupa untuk selalu memberinya semangat semoga terus berpuasa. Misalnya saja dengan mengatakan, "Kamu niscaya bisa, tinggal dua jam lagi." Mengajak anak menyiapkan masakan untuknya berbuka puasa juga sanggup jadi salah satu untuk menyemangatinya.

5. Hadiah
Memberikan hadiah sesudah ia sanggup menjalankan puasa sesuai kesepakatan yang sudah dibentuk Anda dengan anak, tidak ada salahnya dilakukan, sebagai bentuk apresiasi atas prestasinya itu. Agar lebih termotivasi, Anda sanggup menjanjikan memperlihatkan hadiah tersebut dikala Lebaran.

6. Sahur yang Bergizi
Anda harus memastikan anak, makan yang cukup dikala sahur. Menu masakan sahur dibentuk sesuai dengan kesukaan anak, tentunya dengan mengutamakan kandungan gizi, karbohidrat dan nutrisi yang cukup. Ini untuk merangsang anak semoga mau makan sahur.

7. Menu Favorit
Buatkan anak hidangan kesukaannya untuk masakan sahur dan buka puasa. Tanyakan padanya apa yang beliau ingin makan dikala sahur dan buka.

8. Jauhkan Godaan
Jauhkan makanan-makanan yang sanggup menggodanya, ibarat cokelat atau es krim. Sembunyikan dulu masakan tersebut darinya. Usahakan juga semoga anak tetap 'sibuk' selama puasa semoga beliau tidak terlalu ingat akan rasa lapar dan hausnya. Misalnya saja Anda sanggup mengajak anak untuk membaca buku bersama, bermain game atau menonton film favoritnya.

Namun jangan juga mendorong anak melaksanakan permainan yang sanggup membuatnya haus. Misalnya berlari-larian atau bermain di bawah terik matahari. Untuk bawah umur yang masih pemula, kegiatan tersebut sanggup menciptakan mereka batal puasa.

9. Jangan Marah
Jika anak ternyata berbohong atau tidak berpengaruh berpuasa sesuai kesepakatan yang sudah dibuat, jangan eksklusif memarahinya. Anak akan berbohong alasannya ialah beliau tidak mau mengecewakan orangtuanya.

10. Kompetisi
Strategi lainnya semoga anak semangat berpuasa ialah dengan menciptakan kompetisi sehat antar anak. Cara ini efektif bila anak memang mempunyai sobat sepermainan (teman di rumah atau sepupu yang seumuran) yang juga berpuasa dan tarawih.

Seperti itulah tips menarik wacana Cara Melatih Anak Untuk Berpuasa dikala bulan ramadhan. Semoga warta ini sanggup membantu pembaca setia Berbagi 10. Jangan lewatkan update tips unik dan menarik lainnya setiap hari.

Lihat juga: 10 Cara Tidur yang Baik Menurut Rasulullah SAW
Tag : Tips
0 Komentar untuk "10 Cara Melatih Anak Untuk Berpuasa"

Back To Top