10 Cara Ampuh Dan Alami Mengobati Sakit Kepala

 Cara Ampuh dan Alami Mengobati Sakit Kepala 10 Cara Ampuh dan Alami Mengobati Sakit Kepala

10 Cara Ampuh dan Alami Mengobati Sakit Kepala  - Sakit kepala yang secara medis dikenal sebagai cephalalgia ialah kondisi terdapatnya rasa sakit di kepala, kadang di leher penggalan belakang leher atau punggung penggalan atas. Gangguan sakit kepala sekilas memang terlihat sebagai suatu persoalan yang sepele, namun kondisi ini sanggup sangat mengganggu aktivitas. Ada banyak cara untuk mengatasi serangan sakit kepala atau pusing. Berikut 10 Cara Alami Mengobati dan Mengatasi Sakit Kepala

1. Air
Air merupakan salah satu komponen asupan yang sangat diperlukan oleh tubuh. Selain sanggup menghilangkan rasa haus, minum 8-10 gelas air sehari secara rutin sanggup menciptakan banyak sekali sistem yang terdapat dalam badan kita bekerja secara optimal.

Ternyata sakit kepala disinyalir sebagai salah satu indikator ‘kehausan’ pada tubuh. Nah, dengan minum air tentunya sanggup menciptakan Anda sanggup sedikit lebih baik. Tentu untuk selanjutnya, biasakan diri Anda untuk mengkonsumsi air dengan cukup guna menjaga kestabilan badan dan terhindar dari sakit kepala.

2. Es batu
Sekantong es akan menciptakan mati rasa tempat yang sakit dan sanggup mengurangi rasa sakit kepala Anda. Jika Anda mencicipi rasa sakit atau nyeri jawaban ketegangan dan stres, Anda boleh mengambil icepack dan ditaruh di kepala, pundak atau belakang leher.

3. Teh peppermint
Terkadang nyeri kepala sanggup pula disertai dengan sakit perut atau mual. Menurut penelitian, teh peppermint sanggup meringkankan sakit perut dan mual.

4. Kentang
Sakit kepala yang muncul jawaban mabuk tak hanya disebabkan lantaran kehilangan cairan tubuh tetapi juga lantaran hilangnya elektrolit menyerupai kalium. Maka dari itu, menyantap masakan yang kaya akan kalium sanggup membantu meringankan sakit kepala. Kentang mengandung banyak kalium yakni 100 gram, sedangkan kentang panggang (dengan kulitnya) mengandung kalium hingga 600 mg.

5. Pisang
Pisang tidak hanya kaya akan potasium tetapi juga magnesium (pisang ukuran sedang mengandung 10% dari rekomendasi asupan harian Anda). Magnesium sanggup meringankan migrain Anda dan sakit kepala jawaban stres. Sejumlah penelitian telah menghubungkan antara kekurangan magnesium dan sakit kepala migrain. Penelitian menujukkan bahwa sekitar separuh dari semua penderita migrain mempunyai magnesium terionisasi dalam darah dalam jumlah sedikit.

Magnesium, yang dikandung dalam pisang, melindungi badan dari sakit kepala dengan cara merelaksasi pembuluh darah. Selain itu, magnesium mempunyai imbas menenangkan sehingga berkhasiat untuk meredakan sakit kepala jawaban tegang. Apricot kering, alpukat, almond, kacang mete, beras merah, kacang-kacangan dan biji-bijian merupkan masakan lain yang kaya akan magnesium.

6. Kopi
Kafein dalam kopi bermanfaat sekaligus berbahaya bagi korban sakit kepala. Kafein merupakan zat yang umum dalam resep dan obat-obatan bebas untuk sakit kepala lantaran sanggup meredakan rasa nyeri dan 40% lebih efektif dalam mengobati sakit kepala. Kafein juga membantu badan menyerap obat sakit kepala lebih cepat, sehingga obat tersebut lebih cepat bekerja. Kafein sanggup menjadi pereda sakit kepala yang sangat efektif, terutama migrain, tetapi jikalau dikonsumsi terlalu banyak sanggup menciptakan sakit kepala kembali kambuh. Jadi, dianjurkan untk meminum kopi tidak lebih dari 2 atau 3 cangkir per hari.

7. Biji-biji serelia utuh (whole grain)
Jika Anda menjalani diet rendah karbohidrat, Anda akan mulai menguras sumber utama energi untuk otak, yakni cadangan glikogen. Selain itu juga mengakibatkan badan kehilangan cairan dengan cepat sehingga mengakibatkan dehidrasi. Dehidrasi bersamaan dengan berkurangnya energi ke otak sanggup memicu timbulnya sakit kepala. Jika anda mengkonsumsi makanan-makanan karbo yang sehat menyerupai (biji-bijian menyerupai roti gandum, sereal gandum, oatmeal, dan buah), tidak hanya sanggup mengusir rasa sakit pada kepala tetapi juga meningkatkan mood Anda.

8. Semangka
Dehidrasi ialah penyebab umum timbulnya sakit kepala, maka pertimbangkan untuk meminum banyak air dan mengasup masakan yang kaya akan air (seperti semangka). Buah yang kaya akan air ini juga mengandung mineral penting, menyerupai magnesium, yang merupakan kunci untuk mencegah sakit kepala. Anda juga sanggup mencoba minuman olahraga berelektrolit jikalau mungkin mengalami sakit kepala sehabis berolahraga dalam waktu yang usang lantaran kehilangan banyak mineral dalam tubuh.

9. Ikan
Ikan berlemak (seperti salmon, tuna, dan makarel) bermanfaat sebagai obat untuk sakit kepala migrain lantaran kaya akan asam lemak esensial, omega-3. Asam lemak omega-3 sanggup menghambat peradangan yang sering memicu timbulnya migrain. Jika tidak sanggup mengkonsumsi ikan ini setiap hari, tidak perlu khawatir. Anda sanggup mengonsumsi komplemen minyak ikan dan menambahkan masakan menyerupai biji rami, walnut, tahu, dan kacang kedelai untuk tambahan omega-3 pada diet Anda.

10. Biji Wijen
Biji wijen kaya akan kandungan vitamin E dan sanggup membantu menstabilkan kadar estrogen dan mencegah migrain selama periode Anda. Selain itu, biji wijen juga kaya akan magnesium, yang selanjutnya akan membantu pencegahan sakit kepala. Makanan lain yang mengandung vitamin E dalam jumlah tinggi antara lain, kacang-kacangan, minyak zaitun, dandelion, gandum, dan kentang manis. 8. Jahe : Selain menjadi obat untuk mual, jahe mempunyai sifat anti-peradangan dan anti-histamin juga berkhasiat untuk memerangi sakit kepala. Masaklah jahe tersebut atau kombinasikan dengan minuman lain menyerupai teh.

Selain cara mengobati sakit kepala dengan masakan alami diatas, Anda juga sanggup mencoba cara berikut ini:

Stretching
Sakit kepala sanggup timbul jawaban otot yang tegang. Menarik nafas yang dalam dan meregangkan otot-otot leher dan pundak sanggup membantu merelaksasi otot-otot tegang yang sanggup mengakibatkan sakit kepala. Jika anda ada waktu, senam yoga juga sanggup merelaksasi otot-otot badan anda dan membantu mengatasi stres yang sanggup memicu nyeri kepala.

Peregangan
Lakukan peregangan untuk mengurangi otot tegang yang memberi bantuan terhadap nyeri. Cobalah tiga gerakan ini : gerakan leher (dagu ke depan, ke atas, dan ke samping kiri dan kanan); gerakan pundak (gerakan pundak ke atas, putar pundak ke depan dan belakang); dan leher isometrik (tangan menekan pada setiap sisi kepala). Lakukan peregangan dua kali sehari selama 20 menit per sesi. Tahan peregangan selama lima detik, relaks selama lima detik, dan ulangi setiap peregangan tiga hingga lima kali.

Pijat
Berikan pijat selama 15 menit di lokasi sakit kepala. Pijat pada tempat penghilang rasa sakit dilakukan dengan cara memijat penggalan telapak tangan yang berada diantara jempol dan jari telunjuk dan diikuti dengan pemijatan pada tempat ini juga di penggalan kaki.Lakukan pemijatan hingga diri Anda mencicipi sakit lantaran pemijatan ini.

Selain itu Anda juga sanggup memakai minyak peppermint untuk mengoleskan di dahi, tulang rahang atau belakang leher. Minyak ini bertindak sebagai krim kortison alami yang mengurangi rasa sakit dan membantu menenangkan saraf serta merevitalisasi energi.

Aerobik
Latihan aerobik yang teratur, menyerupai jalan cepat, bersepeda, atau berenang, sanggup mengurangi intensitas dan frekuensi migrain, berdasarkan National Pain Foundation. Sebuah penelitian kecil yang dipublikasikan dalam jurnal Headache terhadap pasien migrain yang melaksanakan senam teratur selama 12-minggu dengan bersepeda di dalam ruangan menunjukkan, ada peningkatan kualitas hidup dan berkurangnya angka bencana migrain, serta intensitas nyeri.

Tidur
Kelebihan tidur, salah, dan kekurangan tidur pun salah. Perilaku tidur tersebut sanggup mengakibatkan sakit kepala berkepanjangan. Tubuh insan bukanlah sebuah robot yang sanggup di-setting sehingga sanggup beraktivitas selama 24 jam. Sudah selayaknya kita sanggup menyempatkan diri untuk tidur yang cukup dan teratur yakni 7-8 jam dalam sehari. Dengan membiasakan tidur dengan kapasitas normal tersebut, sanggup menciptakan badan lebih segar di pagi hari dan menghilangkan sakit kepala.

Obat-obatan
Obat menyerupai parasetamol dan aspirin sanggup meringankan peradangan dan menghambat zat-zat kimia di otak yang mengakibatkan rasa sakit. Obat-obat tersebut terkadang ditambahkan dengan kafein yang sanggup meningkatkan perembesan di usus, sehingga lebih efektif jikalau digunakan pada nyeri kepala yang lebih berat.

10 Cara Ampuh dan Alami Mengobati Sakit Kepala 
sumber
Tag : Health, Tips
0 Komentar untuk "10 Cara Ampuh Dan Alami Mengobati Sakit Kepala"

Back To Top