10 Tradisi Natal Yang Unik Di Dunia

Berbagi 10 - Natal dirayakan setiap 25 Desember oleh umat Kristen dengan memasang pohon Natal dan membangun sangkar domba sebagai hiasan. Tetapi itu perayaan Natal di Indonesia, bagaimana perayaan Natal di negara lain ya? Sebenarnya perayaan Natal di negara lain juga tak jauh berbeda, yang terperinci pohon Natal dan kado ialah yang tak boleh ketinggalan. Yuk intip keunikan Natal di negara tetangga berikut.

 Desember oleh umat Kristen dengan memasang  pohon Natal dan membangun sangkar domba sebag 10 Tradisi Natal yang Unik di Dunia

1. Natal di India

Di India, pohon Natal tidak terbuat dari pohon cemara, melainkan pohon mangga atau pisang. Pada umumnya, umat Kristen akan mendekorasi rumah mereka dengan daun mangga, dan lampu minyak yang diletakkan di atap rumah atau di atas tembok.

2. Natal di Yunani

Sinterklas ialah sosok penting di Yunani sebagai pelindung para pelaut. Berbeda dengan negara lain, di Yunani, pohon Natal bukanlah simbol Natal yang umum. Adalah mangkok dan salib kayu yang menjadi benda penting pada momen Natal. Di tengahnya, terdapat daun kemangi yang dicelupkan ke dalam mangkuk dan berisi sedikit air semoga daun tetap segar. Setiap pagi, sang ibu akan memerciki seluruh ruangan rumah dengan menggunakan daun kemangi, dan tradisi ini dilakukan untuk menjauhkan benda-benda dan roh jahat dari rumah mereka.

3. Natal di Italia

Sungguh mengejutkan bahwa di Italia, pohon Natal dari cemara dan hiasan salju ternyata tidak umum digunakan. Yang Ada ialah sebuah piramid yang terbuat dari kayu dan dihias penuh dengan buah-buahan.

4. Natal di Australia

Bila di negara lain Natal berarti bermain salju, bagi bawah umur di Australia, Natal berarti bermain di bawah sinar matahari, surfing dan berbelanja.

Tentu saja, alasannya ialah di Australia justru Natal tiba dikala ekspresi dominan panas tiba. Namun, hal tersebut tak lantas mematahkan semangat umat Kristen di sana. Karena mereka juga tetap menghias rumah dengan pohon Natal dan hiasan lainnya.

5. Natal di Iran

Di negara ini, umat Kristen mulai berpuasa dan tidak makan daging semenjak 1 Desember. Mereka menyebutnya puasa kecil, puasa besar ialah 6 ahad menjelang Paskah.

Kemudian, pada tanggal 25 Desember sesudah merayakan Natal di gereja, pada umumnya setiap keluarga akan menggelar pesta dan menyediakan sajian ayam yang disebut harasa. Tak ada tukar menukar kado yang menjadi tradisi di negara lain, namun bawah umur selalu menerima kado dari orang tuanya.

6. Natal di Jepang

Di Jepang, tradisi tukar menukar kado memang sudah biasa dilakukan, sehingga pada momen ini hampir semua orang ikut serta dalam tukar menukar kado. Hampir menyerupai di negara barat, di Jepang umat Kristen akan menghias rumah dengan mistletoe dan pohon Natal.

Uniknya, pada malam tahun baru, seluruh anggota keluarga diwajibkan menggunakan pakaian terbaik mereka dan berdandan rapi. Kemudian mereka akan berbaris dipimpin oleh sang ayah mengelilingi rumah. Ritual ini dipercaya sebagai ritual untuk mengusir setan. Kemudian sang ayah akan melempar setiap sudut ruangan dengan kacang kering semoga tidak ada roh jahat yang mau tinggal.

7. Natal di China

Di China, perayaan Natal dilakukan dengan menghias rumah menggunakan lentera dari kertas. Mereka juga akan menghias pohon Natal dengan rantai dari kertas, bunga dari kertas dan lentera kertas.

Puncak dari perayaan Natal dilakukan di tahun baru, di mana setiap bawah umur akan mendapatkan hadiah baju baru, makan masakan mewah, mendapatkan mainan gres dan menikmati permainan kembang api. Selain itu, foto atau lukisan nenek moyang akan dipajang di ruangan utama rumah masing-masing keluarga.

8. Natal di Irak

Di malam Natal, keluarga Kristen di Irak akan berkumpul bergandengan tangan sambil menyalakan lilin. Mereka kemudian membacakan kisah perihal kelahiran Tuhan Yesus. Setelah simpulan membaca cerita, mereka akan memperabukan duri dari semak-semak. Bila duri terbakar habis hingga menjadi abu, maka keberuntungan akan tiba di tahun baru. Saat api sudah mati, setiap orang akan melompat di atas bubuk sebanyak tiga kali sambil menciptakan permintaan.

9. Natal di Brazil

Hampir sama meriahnya dengan negara lain, di Brazil akan digelar pesta keluarga dengan menghidangkan menu-menu istimewa menyerupai hidangan babi, kalkun, nasi berwarna, sayur-sayuran dan buah-buahan. Kemudian dikala ayam berkokok, digelar misa di gereja.

Tepat pada tanggal 25 Desember, umat Kristen pada umumnya berkumpul di siang hari untuk pergi ke pantai atau sekedar berkumpul saja. Dekorasi bunga-bunga segar hampir terlihat di sudut kota. Kembang api dan pohon-pohon Natal besar berhiaskan lampu-lampu indah sanggup dilihat di sepanjang langit Brazil.

10. Natal di Betlehem

Lantas bagaimana dengan Natal di Betlehem? Di sana, perayaan Natal dilakukan dengan meriah. Hampir seluruh kota dihiasi dengan bendera dan dekorasi Natal. Pada malam Natal, para turis dan penduduk akan berkumpul memenuhi gereja dan menyaksikan prosesi tahunan berupa opera dan arak-arakan.

Di setiap pintu rumah, keluarga nasrani akan memberi tanda silang di setiap pintunya. Serta memasang sebuah bintang berukuran besar di alun-alun.

Tag : Unik
0 Komentar untuk "10 Tradisi Natal Yang Unik Di Dunia"

Back To Top