10 Jenis Hiu Terbesar Di Dunia

Berbagi 10 - Terdapat 360 species yang terbagi dari 8 kelas ikan hiu. Beberapa jenis ikan-ikan hiu ialah pemangsa (predators) dan ada juga yang benar-benar jinak. Bentuk dari hiu ini pun berwariasi, ada yang besar, ada juga yang kecil. Di sebabkan insan sangat terkesan dengan hal 'ukuran', ane yang hoby dengan ikan hiu pun sengaja menciptakan sebuah ringkasan dalam bentuk bahasa indonesia dari banyak sekali situs internet memakai mesin pencari jago (Google) wacana 10 jenis ikan hiu terbesar di dunia.

10. Bigeye Thresher Shark



Jenis ikan hiu Bigeye Thresher, Alopias superciliosus, menempati urutan ke- 10 jenis hiu terbesar di dunia. Hiu jenis Bigeye Thresher sanggup di temukan di tempat maritim khatulistiwa dunia dan sanggup di temukan di kedalaman 1650 kaki di dasar laut. Hiu Bigeye Thresher memiliki ciri khas berwarna debu keunguan dan sanggup hidup sepanjang 15.1 kaki dan mencapai besar sampai 795 lbs (360.60 kg).

9. Bluntnose Sixgill Shark



Hiu Bluntnose Sixgill, Hexanchus griseus, ialah jenis hiu ke- 9 terbesar di dunia dan sering di kenal dengan hiu sapi. Hiu Bluntnose Sixgill ialah jenis dari family Hexanchidae; Kebanyakan jenis dari saudara hiu ini sudah punah. Warna dari jenis hiu ini pun berwariasi dari warna coklat sampai mendekati hitam. Hiu- hiu ini sanggup hidup sampai sepanjang 15.8 kaki, tetapi hiu lebih besar dari ini pernah terlihat.

8. Thresher Shark



Hampir serupa dengan 'abang kecil nya, Bigeye Thresher Shark', ialah jenis keturunan hiu besar yang sanggup hidup sepanjang 18 kaki. Ini yang mengakibatkan hiu Thresher menduduki posisi ke 8 hiu terbesar dunia. Hiu ini biasa nya hidup di perairan maritim khatulistiwa dunia. Hiu Thresher seringkali terlihat 'ramping' tetapi jangan tertipu oleh tipu daya nya, lantaran hiu ini sanggup mencapai berat sampai 1100 lbs (498.95 kg).

7. Great Hammerhead Shark



Great Hammerhead, Sphyma mokarran ialah hiu terbesar dari semua jenis hiu hammerhead yang sanggup hidup sehingga 20 kaki. Great Hammerheads sanggup di temukan di seluruh dunia layaknya hiu - hiu yang hidup di perairan khatulistiwa. Berbeda dengan hiu lainnya, hiu Great Hammerhead ini merasa insan sebagai bahaya, mereka (Great Hammerheads) bersifat sedikit 'lebih pemalu' di banding hiu - hiu lain, dan sering kali merasa menghindari manusia. Hiu Great Hammerhead terbesar yang pernah di tangkap oleh insan ialah jenis betina dengan berat 1280 lbs (580,59 kg).

6. Greenland Shark



Hiu Greenland Shark dengan nama latin Somniosus Microcephalus atau di kenal dengan 'sleeper shark', 'gurry shark', ground shark', 'grey shark' atau ' Inuit Eqalussuaq. Hiu ini ialah hiu yang besar dan sanggup di temukan di sekitar perairan Atlantic utara, terlebih banyak di erat Greenland dan Iceland. Hiu jenis ini sanggup hidup sepanjang 21 kaki dan hidup selama 200 tahun! Mereka (Greenland) populer dengan hewan bertulang punggung yang pernah hidup terlama. Greenland cenderung hidup di kedalaman 6600 kaki di bawah permukaan laut, akan tetapi hiu Greenland ini pernah tertangkap kamera di maritim dangkal serendah 24 kaki! Bayangkan!

5. Pacific Sleeper Shark



Hiu Pacific Sleeper, Somniosus pacificus, ialah hiu berat lainnya yang sanggup hidup sepanjang 23 kaki dan berat sampai 800 lbs (362,87 kg). Satu hal yang menciptakan hiu jenis ini menarik ialah mereka ialah salah satu dari sedikit jenis hiu yang sanggup di temukan di tempat bertemperatur rendah (daerah menghadap kutup). Hal lain nya ialah mereka biasanya hidup di maritim dalam, dengan kedalaman sampai 6500 kaki di bawah permukaan laut.

4. Tiger Shark



Tiger Shark, Galeocerdo Cuvier menempati urutan ke 4 hiu terbesar di dunia dengan panjang sampai 24.3 kaki! Hiu besar ini bisa hidup sehingga 2000 lbs (907,18 kg) dan populer sangat populer dengan kekejamannya!! Tidak hanya memakan semua jenis kehidupan laut, tetapi mereka (Tiger) juga populer dengan menyerang perenang. Sesuai namanya, hiu ini sangat ibarat dengan corak harimau, mereka biasanya hidup di tempat peairan khatulistiwa dunia tetapi lebih cenderung di sekitar peairan Pacific.

3. Great White Shark



Great White Shark, Carcharodon Carcharias, ialah salah satu dari hiu yang terganas di dunia. Hiu ini sanggup hidup sepanjang 26.2 kaki dan berat sampai 5000 lbs (2267.96 kg) !!! Hiu Great White ialah hiu terakhir dari jenis species, Carcharodon. Malangnya untuk kita sebagai manusia, hiu ini sanggup di temukan di erat pantai di semua lautan, jadi jikalau agan-agan sekalian lagi liburan, pastikan anda tidak berenang bersama jenis ini!

2. Basking Shark



Hiu Basking, Cetorhinus Maximus ialah salah satu hiu yang sangat besar dan mengakibatkan hiu basking ini menempati posisi ikan hiu terbesar ke 2 dunia. Hiu basking ini sanggup hidup sepanjang 40 kaki dan pernah tertangkap dengan berat sampai 19 tons! Akan tetapi meskipun berbadan besar, hiu jenis ini cenderung lambat dan bukanlah predator alias pemangsa.

1. Whale Shark




Whale Shark, Rhincodon Typus ialah hiu TERBESAR di dunia! Meskipun besar, hiu paus (Whale Shark) ini juga bukanlah pemangsa sama ibarat hiu basking, mereka ialah hiu yang bergerak lambat yang hanya memakan 'phytoplankton' atau hewan yang sangat kecil yang hidup di laut. Hiu paus ini sanggup hidup sehingga 41 kaki dan berat sampai 15 tons!. Hiu paus ini sama ibarat hiu lain nya yang sanggup di temukan di sekitar maritim khatulistiwa dan perairan yang hangat; Species yang berasal dari kehidupan 60 juta tahun yang kemudian ini bisa hidup sampai 70 tahun lamanya.

Baca: 10 Jenis Dinosaurus Paling Besar

Tag : Animals
0 Komentar untuk "10 Jenis Hiu Terbesar Di Dunia"

Back To Top