10 Fenomena Abnormal Dalam Otak Manusia

 Sedikit informasi ihwal otak yang dikutip dari  10 Fenomena Aneh Dalam Otak Manusia


BERBAGI 10 - Sedikit informasi ihwal otak yang dikutip dari Wikipedia Indonesia, Otak yaitu sentra sistem saraf central nervous system, CNS) pada vertebrata dan banyak invertebrata lainnya. Otak manusia adalah struktur sentra pengaturan yang mempunyai volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, sikap dan fungsi tubuh homeostasis menyerupai detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak insan bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh tubuh dan pemikiran manusia. Oleh alasannya yaitu itu terdapat kaitan erat antara otak dan pemikiran. Otak dan sel saraf didalamnya dipercayai sanggup memengaruhi kognisi manusia. Pengetahuan mengenai otak memengaruhi perkembangan psikologi kognitif. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi menyerupai pengenalan, emosi. ingatan,pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.

Untuk daftar Top 10 kali ini kita akan mengulas 10 Fenomena Aneh Dalam Otak Manusia yang dirangkum dalam Top 10. Memang hingga dikala ini masih banyak misteri yang belum terungkap dari pikiran kita. Beberapa andal memang bisa menjelaskan fenomena-fenomena absurd dari pikiran kita tapi masih belum tahu dari mana asal semua itu. Mungkin kalian pernah mengalami beberapa fenomena di bawah ini.


1. Déjà Vu
Déjà Vu yaitu perasaan ketika kita yakin pernah mengalami atau menyaksikan suatu kejadian sebelumnya, kau merasa kejadian itu sudah pernah terjadi dan berulang lagi. Hal ini diikuti dengan perasaan familiar yang kuat, takut dan merasa aneh. Kadang “kejadian sebelumnya” itu dikaitkan dengan mimpi, tapi kadang juga timbul perasaan yang mantap bila kejadian tersebut benar-benar terjadi di masa lalu.

2. Déjà Vécu
Déjà Vécu yaitu perasaan yang lebih besar lengan berkuasa dari Déjà Vu. bila Déjà Vu kita merasa sudah pernah melihat kejadian sebelumnya, tapi dalam Déjà Vécu kita akan mengetahui kejadian tersebut jauh lebih detail, menyerupai mengingat amis dan suara-suara pada kejadian tersebut.

3. Déjà Visité
Déjà Visité yaitu perasaan yang tidak biasa dimana kita merasa mengenal suatu daerah padahal sebelumnya kita tidak pernah mengunjugi daerah tersebut. Kalau Déjà vu berafiliasi dengan peristiwa, sedangkan Déjà Visité berkaitan dengan daerah atau geografi. Nathaniel Hawthorne dalam bukunya yang berjudul “Our Old Home” bercerita dikala beliau mengunjungi reruntuhan sebuah kastil, tiba-tiba merasa bila beliau sudah sangat mengenal layout dari kastil yang gres pertama kali beliau datangi itu. Belakangan beliau sadar bila bertahun-tahun sebelumnya beliau pernah membaca puisi karangan Alexander Pope yang menggambarkan dengan detail kastil tersebut.

4. Déjà Senti
Déjà Senti yaitu fenomena “pernah merasakan” sesuatu. Kejadiannya misalnya menyerupai ini : “Kamu merasa pernah menyampaikan sesuatu, dipikiran kau mengatakan, “Oh iya saya ngerti!” atau “Oh iya saya ingat!” tapi 1 atau 2 menit kemudian kau akan sadar bila kau tolong-menolong tidak pernah menyampaikan apa-apa”.

5. Jamais Vu
Jamais Vu (tidak pernah melihat/mengalami) yaitu kebalikan dari déjà vu. Kaprikornus kau tidak mengenal sebuah situasi padahal kau yakin sekali bila sebelumnya kau pernah ada di situ. Bingung? Begini gampangnya: kau mendadak tidak mengenal orang, kata-kata, atau daerah yang sebelumnya kau tahu. Pada percobaan yang dilakukan Chris Moulin pada 92 orang yang disuruh menulis kata “pintu” 30 kali dalam waktu 60 detik ternyata 68 orang mengalami tanda-tanda Jamais Vu, yaitu merasa bila “pintu” itu bahkan bukan merupakan sebuah kata. Ya Jamais Vu didiagnosis alasannya yaitu “kelelahan otak”.

6. Presque Vu
Presque Vu yaitu perasaan yang besar lengan berkuasa bila kau akan mengalami epiphany. Epiphany sangat jarang terjadi. Presque Vu artinya “hampir melihat” dan sensasinya bisa sangat membingungkan dan aneh.

7. L’esprit de l’Escalier
L’esprit de l’Escalier yaitu dikala kita merasa bisa melaksanakan sesuatu yang lebih baik pada sebuah situasi sesudah kejadian itu terjadi. Contohnya begini: Kamu seorang pemain sepak bola, dikala tendangan penalti kau menendang bola ke samping kiri dan ternyata berhasil diblok kiper. Tiba-tiba pikiran kau mengatakan, “Ahh, saya sebenernya tadi sudah yakin bila nendang ke kanan niscaya gol!” Kaprikornus L’esprit de l’Escalier yaitu rasa penyesalan tidak melaksanakan tindakan yang berlawanan dari suatu kejadian sebelumnya.

8. Capgras Delusion
Capgras Delusion yaitu fenomena dimana kita merasa yakin bila keluarga atau sobat bersahabat kita sebenernya yaitu orang lain yang wujudnya sama persis. Seperti cerita-cerita di film Alien dimana tubuh insan diambil alih oleh makhluk luar angkasa supaya bisa hidup berdampingan dengan insan biasa. Khayalan ini biasa terjadi pada penderita schizophrenia atau kelainan mental lain.

9. Fregoli Delusion
Fregoli Delusion yaitu fenomena otak yang sangat jarang terjadi. Orang yang mengalami Fregoli Delusion sangat percaya bila beberapa orang yang beliau kenal tolong-menolong yaitu satu orang yang melaksanakan banyak sekali penyamaran. Fregoli berasal dari nama pemain film Italia “Leopoldo Fregoli” yang bisa melaksanakan merubah penampilan dengan cepat dalam pertunjukannya.

10. Prosopagnosia
Prosopagnosia yaitu fenomena dimana seseorang kehilangan kemampuan untuk mengenal wajah orang atau benda lain yang seharusnya mereka kenal. Orang yang mengalami ini biasanya memakai indera lain untuk mengingat orang tersebut, menyerupai amis parfum, gaya bicara atau cara berjalan orang itu. Contoh yang paling populer dari kasus ini dipublikasikan oleh Michael Nyman dalam bukunya yang berjudul “The man who mistook his wife for a hat”.

Lihat juga:
- 10 Cara Paling Cepat Mengatasi Stres
- 10 Tips Untuk Menjadi Orang Pintar
Tag : Aneh, Otak
0 Komentar untuk "10 Fenomena Abnormal Dalam Otak Manusia"

Back To Top