10 Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Berbagi 10 - Melindungi kesehatan tubuh ibu hamil bekerjsama tidak sukar. wacana - wacana simpel yang terkadang dilupakan oleh seorang ibu hamil justru sanggup jadi problem untuk kesehatan janin juga apabila diabaikan maka di bawah ini ada 10 langkah melindungi kesehatan ibu hamil yang saya bagikan dimulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. semoga sanggup dikerjakan 1 hari hari.

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Lihat: 10 Tips Ampuh Merawat Tubuh Sebelum Tidur

1. Menjaga kesehatan kawasan wajah dan kepala
Kerap ibu hamil olok-olokan pertanyaan sanggup mengecat rambut tidak waktu hamil ? baiknya sih tunda dulu. mengingat obat yang digunakan untuk mengecat serta mengeriting rambut berbentuk zat toksik ( beracun ). terkadang ada juga keluhan rambut rontok serta tumbuh rambut halus di pelipis jadi problem untuk ibu hamil. tidak butuh kuatir itu cuma sesaat karakternya dikarenakan pergantian hormon kehamilan. kebersihan tempat rambut serta kepala sanggup dikerjakan dengan keramas dengan teratur. ibu hamil sanggup lakukan pijatan gampang di wajah serta kepala untuk relaksasi.

Ibu hamil apabila bercermin terkadang lihat berwajah ada flek. ibu tidak butuh kuatir dengan warna gelap atau bintik coklat di wajah ( cloasma gravidarum ). wacana itu juga akhir pergantian hormon yang merangsang pigmentasi di wajah serta leher. tak perlu mengolesi dengan banyak sekali - jenis cream pemutih. sehabis hamil pergantian warna flek coklat itu tersebut sanggup hilang sendiri.

2. Menghirup udara yang bersih
Ibu hamil baiknya hati - hati memilih area jalur pagi. janganlah biarlah hidung terlampau usang menghirup polusi di tepi jalur yang padat kendaraan. dikala ibu hamil mesti bersihkan tempat tinggal jauhi pemakaian materi - materi yang mempunyai kandungan zat aerosol cat, formalin, kamfer, serta racun serangga yang berbentuk obat nyamuk bakar ataupun semprot.

Bila memanglah mesti lakukan penyemprotan serangga, atau bersihkan porselin dengan materi kimia manfaatkanlah masker epilog hidung. untuk ibu hamil dengan dongeng asma baiknya tidak terpapar dengan zat aktivis asma misalnya bulu binatang, serbuk bunga, bubuk karpet, hawa cuek dan seterusnya.

3. Kesehatan mulut

Kesehatan verbal amat mutlak untuk ibu hamil terlebih yakni kebersihan gusi serta gigi pada waktu hamil kerapkali timbul problem pada gusi serta gigi. hormon kehamilan bikin gusi jadi lebih lunak serta terkadang gampang berdarah. menggosok gigi dengan lembut serta sikat gigi dengan benar serta teratur tiap-tiap setelah makan. sesekali sanggup kumur dengan larutan air garam hangat. apabila gusi gampang berdarah atau bisul pakai pasta gigi yang sesuai saran dokter atau bidan. pada ibu hamil trimester pertama terkadang ada keluhan mual - mual serta muntah. meludah terus serta menyebabkan amis verbal ( halitosis ).

Ibu hamil baiknya kerap bersihkan verbal setiap dikala sehabis muntah. teh sanggup kurangi amis verbal yang tidak enak. masakan untuk ibu hamil baiknya mempunyai kandungan gisi yang seimbang, cukup vit. serta serat alami buah serta sayur. baiknya bersihkan higienis buah serta sayuran yang akan dimakan mentah untuk kurangi residu pestisida serta hindari tercemar virus toksoplasma gondii.

Ibu hamil butuh hindari rokok serta asap orang yang merokok. keguguran serta bayi prematur berlangsung dikarenakan janin keracunan zat nikotin. tak hanya rokok juga jauhi minuman mengandung alkohol, kafein, minuman pemanis yang diiklankan di televisi, soft drink yang mempunyai kandungan pemanis tenaga, jamu - jamu atau product sejenis yang tidak terjamin kualitasnya.

Bila jadi sangsi wacana type minuman spesifik bertanyalah pada dokter atau bidan anda mengenai seberapa besar dampak serta dampak pada sang janin. baiknya i bu hamil lebih mengkonsumsi minuman sehat, susu, jus buah, sari kedelai, air kacang hijau, air putih.

Lihat: 10 Hal Penyebab Bau Badan dan Bau Mulut

4. Perhatikan kawasan perut
Makin hari perut membesar. ini tandanya elok bermakna perkembangan janin prima. kalau demikian mesti mulai mempersiapkan baju hamil. jauhi menggunakan pakaian ketat. tidak butuh cemas banyak pakaian hamil yang modis serta nyaman serta tidak menghimpit perut. makin besar kehamilan ibu, baiknya lakukan tidur dengan posisi miring supaya peredaran darah dari ibu ke janin lancar. posisi telentang terlampau usang tidak disarankan untuk perempuan hamil.

Pembesaran perut ini juga punya dampak pada keseimbangan tubuh. terus melindungi keseimbangan dengan posisi tubuh tegak waktu jalan supaya tidak terpeleset atau jatuh. apabila ada benda di lantai yang sanggup di ambil, ibu hamil baiknya menekuk satu lutut dengan hati hati. baiknya tidak segera membungkukkan badan. sanggup terjatuh dikarenakan tubuh tidak seimbang.

5. Kebersihan tangan
Ibu hamil harus menjaga kebersihan tangan juga kuku. Selalu mencuci tangan setiap kali selesai melaksanakan pekerjaan dan sebelum makan. Suka memelihara binatang ? Hati hati ya dengan kucing dan kelinci dan unggas. Atau mungkin hobby menanam bunga ? Gunakan sarung tangan supaya tidak tercemar dengan pupuk atau kotoran hewan.

Ingat diare kadang disebabkan hal yang remeh dan sepele. Tetapi sanggup berbahaya untuk ibu hamil. Badan jadi lemah, kekurangan cairan dan infeksi kanal cerna. Bagi yang suka bermain dengan kucing, anjing, kelinci atau unggas. Hati - hati juga dengan resiko penyebaran virus toksoplasmosis melalui binatang dan unggas melalui kotoran binatang tersebut.

6. Kebersihan tubuh
Merawat kebersihan tubuh sangat penting. Namun bagi ibu hamil yang mempunyai riwayat keguguran berulang hendaknya mengurangi stimulasi menarik - narik buah dada dikala hamil muda lantaran sanggup merangsang hormon oksitosin dan menyebabkan kontraksi rahim.

Perhatikan kebersihan buah dada dan tubuh dengan mandi teratur sehari tiga kali. Hal ini sangat penting supaya kulit sehat, peredaran darah ke seluruh tubuh lancar. Pembesaran ukuran buah dada menciptakan ibu sedikit kurang nyaman pada awal kehamilan hingga menjelang final kehamilan. Gunakan Bra atau BH yang sesuai ukurannya.

7. Kebersihan kawasan alat kelamin
Selama hamil harus lebih hati - hati menjaga kebersihan alat kelamin. Kuman sanggup masuk lewat alat kelamin yang terinfeksi. Maka biasakan membersihkan kawasan alat kelamin dengan benar. bersihkan dengan air yang higienis dari arah depan alat kelamin gres penggalan ke belakang. Tidak perlu menggunakan antiseptik pencuci alat kelamin lantaran akan membunuh basil baik yang ada di kawasan fatal yang akan melawan serangan basil penyakit yang mencoba masuk ke dalam rahim.

Sering mengganti pakaian dalam. Mengenakan celana dalam yang berbahan katun dan longgar. Menjaga supaya celana dalam selalu kering dan bersih. Jangan cemas dengan keputihan lantaran hal ini akhir perubahan hormonal. Kecuali kalau keputihan berubah amis busuk, warna hijau atau kuning kental disertai gatal. Bila ada penyakit kelamin suami juga harus diobati supaya tidak terjadi infeksi silang atau saling menularkan dikala berhubungan.

8. Latihan fisik dan olahraga
Jika tidak ada larangan dari dokter atau bidan untuk senam hamil, penting melaksanakan senam hamil. Tujuannya supaya memperkuat otot dasar panggul, meningkatkan daya tahan tubuh, melatih pernafasan dan memperlancar peredaran darah. Jika tidak sempat senam boleh digantikan dengan latihan jalan kaki tiap hari selama tigapuluh menit.

Ada beberapa keadaan kehamilan yang beresiko keguguran tidak memperbolehkan ibu jalan kaki bahkan harus bed rest total .Ya apa boleh buat, sebaiknya dinikmati saja. Sebagai gantinya di atas tempat tidur anda sanggup melaksanakan gerakan senam Kegel. Bersyukurlah pada Tuhan masih sanggup hamil dengan segala konsekwensinya demi keselamatan buah hati .

9. Perhatian khusus kawasan kaki
Hindari menggunakan sepatu bertumit tinggi. Ibu hamil sebaiknya menggunakan sepatu yang tidak bertumit tinggi supaya tidak terjadi pembendungan pembuluh darah pada kawasan kaki. Pada dikala tidur atau berbaring usahakan tungkai kaki selalu dalam posisi lebih tinggi. Bila harus bekerja dengan sepatu tumit tinggi hati - hati berjalan jangan hingga jatuh hasilnya sanggup fatal.

Sesekali baik juga merendam kaki dengan air hangat yang diberi garam. Suami sanggup membantu memijat kawasan kaki istri dikala hamil dengan minyak zaitun atau lotion lembut sambil duduk di kursi. Hal ini membantu melancarkan peredaran darah,mencegah varises bertambah parah, mengurangi keluhan kram dan pegal di kaki.

10. Relaksasi dan beri kesempatan tubuh untuk beristirahat
Ibu hamil akan mengeluarkan energi ekstra untuk proses metabolisme tubuh dan penggantian sel sel tubuh yang rusak. Kapan semua itu berlangsung ? ketika kita relaks dan tidur. Berapa usang waktu yang baik untuk istirahat ? Pada siang hari cukup satu atau dua jam dan malam sekitar delapan jam.

Jangan heran kadang dikala tidur ibu hamil sering mimpi buruk. Tak perlu mengkaitkan dengan mitos. Hal itu masuk akal kadang ada rasa cemas yang terpendam dibawah sadar kemudian terungkap dalam mimpi dikala tidur. Oleh lantaran itu saling menyebarkan suka sedih sangat penting antar suami istri dikala kehamilan supaya mengurangi beban stres mental dan fisik.

Baca: 10 Tips Ampuh Agar Cepat Hamil

Tag : Health, Wanita
0 Komentar untuk "10 Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil"

Back To Top