10 Tips Gampang Mencar Ilmu Bahasa Jepang

Berbagi 10 - Mampu menguasai beberapa bahasa di dunia tentunya menciptakan kita gampang untuk berinteraksi, salah satunya ialah bahasa jepang. Banyak diantara kita yang tentunya ingin menguasai bahasa tersebut. Nah pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa tips-tips berguru bahasa jepang. Ada beberapa cara gampang dan cepat untuk berguru bahasa Jepang. Cara-cara ini jauh lebih menyenangkan dan menciptakan anda lebih tertarik untuk mendalami bahasa Jepang serta kebudayaannya. Perlu diingat, untuk mendalami bahasa Jepang anda memerlukan ketekunan dan niat berguru yang baik. Berikut 10 tips gampang berguru bahasa Jepang:

 Mampu menguasai beberapa bahasa di dunia tentunya menciptakan kita gampang untuk berinteraksi 10 Tips Praktis Belajar Bahasa Jepang

10. Pelajari sistem penulisan dalam bahasa Jepang

Langkah pertama untuk memudahkan proses dalam berguru bahasa Jepang ialah mempelajari sistem penulisannya. Berbeda dengan bahasa Indonesia yang hanya mempunyai satu macam alfabet, dalam bahasa Jepang ada setidaknya 3 macam alfabet : Hiragana, Katakana, dan Kanji. Perlu juga diketahui, dalam bahasa Jepang satu huruf mewakili satu kata.

Total, ada 46 huruf yang membentuk suku kata yang sanggup dipakai untuk membentuk sebuah kata dan kalimat dalama bahasa Jepang. Selain Hiragana dan Katakana, ada juga huruf Kanji yang diambil dari karakter Cina. Kanji biasanya dipakai dalam bahasa tulis, dan ribuan karakter Kanji yang biasa dipakai dalam bahasa tulis.

9. Hindari berguru bahasa Jepang dengan penulisan huruf Latin

Pada metode awal anda berguru percakapan, mungkin tidak dilema apabila anda mempelajari bahasa Jepang dengan penulisan huruf Latin. Namun jikalau anda benar-benar serius, cobalah untuk sesegera mungkin meninggalkan huruf Latin dan eksklusif mempelajari huruf Hiragana. Seperti yang sudah dijelaskan di poin pertama, huruf dalam alfabet Jepang ada sangat banyak, dan beberapa mempunyai goresan pena latin yang sama, namun pengucapan yang berbeda, sehingga bentuk Hiragana-nya pun berbeda. Untuk menghindari kebingungan, jangan terlalu usang memakai goresan pena Latin ketika berguru bahasa Jepang

8. Temukan kawasan kursus yang terpercaya

Langkah selanjutnya yang paling efektif ialah menemukan kawasan kursus bahasa Jepang yang bagus dan terpercaya. Dengan bimbingan guru yang profesional, langkah anda untuk mempelajari bahasa Jepang akan jauh menjadi lebih mudah. Yang paling direkomendasikan ialah mencari kawasan les yang organisasinya tiba eksklusif dari Jepang, atau mempunyai kekerabatan dengan kedutaan Jepang. Jika tidak ada, cobalah untuk mengikuti kursus di aneka macam universitas yang mempunyai jurusan sastra atau bahasa Jepang. Akan lebih baik lagi jikalau anda menentukan pengajar yang sudah pernah pergi ke Jepang.

7. Belajar dari buku

Apabila tidak ada kawasan kursus bahasa Jepang atau anda tidak ingin mengikuti kelas secara langsung, ada cara untuk mempelajari bahasa Jepang secara otodidak. Pergilah ke toko buku dan temukanlah buku-buku yang sanggup membantu anda untuk mempelajari bahasa Jepang secara maksimal. Setidaknya, ada tiga macam buku yang harus anda dapatkan : buku berguru bahasa Jepang secara umum (dengan hukum tata bahasa, bacaan, dan soal-soal latihan), buku perihal penulisan alfabet Jepang, dan kamus bahasa Jepang.

Ingat, berguru sendiri dari buku memerlukan kedisiplinan yang tinggi, apalagi jikalau topiknya ialah bahasa Jepang. Cobalah juga untuk membaca "Tips Belajar Efektif" dari kami untuk mempermudah proses belajar.

6. Audio book

Pernahkah anda mendengar perihal konsep audio book? Audio book ialah semacam alat untuk membantu anda berguru bahasa Jepang. Bedanya, anda tidak membaca, melainkan mendengar dari rekaman bunyi aneka macam penjelasan, teori, dan instruksi. Audio book ada yang dijual dalam bentuk CD, ada juga dalam bentuk download MP3. Beberapa situs website Jepang juga menyediakan contoh-contoh audio book gratis yang sanggup anda download.

Belajar dari audio book sanggup menjadi suatu alternatif berguru yang efektif, alasannya ialah anda akan mendengar eksklusif pengucapan kata-kata dalam bahasa Jepang. Salah satu audio book Jepang terbaik ialah yang dipublikasikan oleh "Pimsleur", yang sangat berkhasiat untuk menciptakan proses berguru anda menjadi mudah.

5. Belajar online

Yap, ini ialah cara paling gampang untuk berguru Bahasa Jepang. Saat ini, ada sangat banyak situs-situs yang mengatakan jasa pengajaran bahasa Jepang baik secara online maupun gratis. Jika anda ingin situs gratis yang mengajarkan membernya dengan aneka macam teori akurat, cobalah untuk mendaftar di LiveMocha. Saat berguru online, anda juga tetap harus disiplin dan memonitor sejauh mana progres anda dalam mempelajari bahasa. Manfaatkan juga situs-situs ibarat YouTube untuk melihat aneka macam video tutorial cara gampang berguru bahasa Jepang.

4. Membaca komik Jepang/ manga

Dengan membaca manga, anda sanggup lebih gampang dalam mempelajari aneka macam huruf dan huruf Jepang. Proses berguru pun dijamin akan lebih menyenangkan, alasannya ialah ada aneka macam dongeng yang sanggup menciptakan anda lebih tertarik dan seakan-akan terlibat di dalamnya. Tentu saja, anda harus menemukan dulu sumber-sumber yang menyediakan manga dengan goresan pena Hiragana, Katakana, atau Kanji.

Satu hal lagi, cobalah untuk membaca manga yang bercerita perihal kehidupan sehari-hari, bukan manga dengan dongeng petualangan dan fantasi. Ini alasannya ialah biasanya manga dengan dongeng sehari-hari mempunyai kosa kata yang jauh lebih simpel, dan dari sini anda juga sanggup mengetahui realita kehidupan masyarakat Jepang.

3. Menonton Anime/ film animasi Jepang

Sama ibarat membaca manga, menonton anime menciptakan proses berguru bahasa Jepang menjadi jauh lebih mudah. Carilah dongeng yang anda sukai, dan cobalah untuk menontonnya secara rutin. Saat pertama kali menonton, tidak dilema jikalau anda memakai proteksi subtitle/ teks berbahasa Inggris atau Indonesia.

Ada banyak anime Jepang yang sanggup anda tonton, mulai dari serial terkenal ibarat One Piece atau Naruto. Anda sanggup juga menonton anime khusus yang disediakan untuk pemula yang gres berguru bahasa Jepang. Dengan terbiasa menonton anime, indera pendengaran anda akan jauh lebih terlatih dan familiar dalam mendengarkan aneka macam istilah Jepang. Lihat 10 Film Horor Jepang Paling Mengerikan

2. Menikmati kebudayaan pop Jepang / J-Pop

Contohnya ialah lagu-lagu, film layar lebar, gaya berpakaian, dan kebudayaan-kebudayaan Jepang lainnya. Hal ini sanggup menjadi sebuah motivasi yang sangat bagus untuk berguru bahasa Jepang. Selain anda sanggup menemukan cara yang lebih menarik ketika belajar, anda sanggup juga memahami dan mengetahui aneka macam hal yang sedang hit di Jepang. Lihat 10 Artis Tercantik di Jepang

J-Pop sepertinya sudah sangat masuk dalam budaya Indonesia. Contohnya ialah idol group JKT48 yang tampil dengan nuansa dan lagu-lagu Jepang. Selain itu, sudah sangat banyak komunitas pecinta budaya Jepang yang bertebaran di seluruh nusantara.

1. Berinteraksi eksklusif dengan orang Jepang

Nah, ini boleh dibilang sebagai cara yang paling efektif untuk berguru bahasa Jepang, alasannya ialah apa yang sudah anda pelajari selama ini harus diterapkan secara langsung. Jika anda mempunyai dana lebih, cobalah untuk pergi liburan ke Jepang dan menerapkan eksklusif ilmu yang anda pelajari. Alternatif lain, anda sanggup mencoba mencari sentra kebudayaan Jepang, mencari turis Jepang, dan bercakap-cakap dengannya. 

Jika tidak ada? Jangan khawatir, masih ada kemudahan online yang memungkinkan anda chatting dengan orang Jepang, baik memakai teks atau video. Intinya, cobalah untuk menerapkan eksklusif semua teori yang sudah anda pelajari. Percayalah, cara ini akan menciptakan proses berguru bahasa Jepang menjadi lebih mudah. (sumber)

Baca juga: 10 Makanan Khas Jepang Paling Enak

Tag : Bahasa, Jepang, Tips
0 Komentar untuk "10 Tips Gampang Mencar Ilmu Bahasa Jepang"

Back To Top