10 Cara Mengatasi Rambut Rusak

BERBAGI 10 - Memiliki rambut yang sehat tentunya merupakan keinginan semua orang. Pada umumnya semua orang mempunyai rambut yang sehat, hanya saja dalam kehidupan sehari-hari mengalaminkerusakan yang disebabkan oleh beberapa masalah. Nah! Untuk informasi Top 10 kali ini kita akan membuatkan tips kesehatan untuk rambut yang mengalami kerusakan.

Ada beberapa cara atau tips yang sanggup kita gunakan untuk mengatasi kerusakan pada rambut. Untuk anda yang mengalami kerusakan pada rambut anda sebaiknya tidak terlalu khawatir lantaran berikut ini kita akan membagikan cara--cara mengatasi rambut rusak. Seperti apa caranya? Silahkan simak tips mengatasi rambut rusak dibawah ini:

10. Jauhkan rambut anda dari panas
Panas ialah salah satu sumber yang sanggup merusak rambut anda dari akar. Panas tidak hanya menyebabkan rambut anda cepat rontok, namun juga menjadi bercabang dan rapuh. Jika anda mendeteksi gejala kerusakan pada rambut anda, segera stop penggunaan panas berlebih ke rambut, termasuk dalam memakai pengering rambut, pengeriting rambut, atau pelurus rambut.

Hair dryer lebih baik tidak dipakai hingga rambut anda benar-benar kuat. Gunakan saja handuk, atau biarkan rambut anda kering dengan alami. Jika anda harus mengeriting rambut, cobalah untuk memakai rol-rol rambut, lantaran walaupun metode ini memakan waktu, namun kesehatan rambut anda akan lebih terjaga.

9. Berhenti mengecat rambut anda
Ada aneka macam zat-zat kimia yang berpotensi menciptakan anda makin rusak di dalam setiap pewarna rambut. Oleh lantaran itu, jikalau anda mempunyai rambut yang ringkih atau bercabang, hindarilah untuk tidak terlalu sering mengecat rambut. Lagipula di kalangan orang Indonesia, perempuan atau laki-laki yang berambut hitam masih dianggap lebih menarik daripada yang mempunyai warna rambut tidak alami.

Selain cat rambut, hindari juga zat-zat kimia lain yang berpotensi merusak rambut. Zat-zat kimia ini biasanya ada pada obat untuk mengeriting atau meluruskan rambut. Pada masa-masa ini, hindari juga untuk pergi ke salon dan lebih baik anda benar-benar mengontrol apa yang akan anda pakai di rambut anda.

8. Gunakan shampo dan kondisioner yang bebas sulfat
Shampo dan kondisioner yang mempunyai kandungan sulfat sangat berbahaya bagi rambut, lantaran memilki potensi yang sangat besar untuk menciptakan anda gampang rontok. Cek bahan-bahan yang terkandung dalam setiap sampo maupun kondisioner, dan pastikan di dalamnya tidak terdapat kata "sodium laurel" atau "laurel sulfat".

Pada ketika rambut anda rusak, tidak ada salahnya untuk beralih dari shampo yang banyak diiklankan di TV ke shampo yang terbuat dari materi alami dan herbal. Mungkin rambut anda akan terlihat lebih berminyak ketika memakai shampo alami ini, namun minyak ini justru menjadi gejala rambut anda mulai sembuh. Setelah memakai produk tersebut selama beberapa minggu, produksi minyak di rambut akan kembali normal.

7. Pakailah produk-produk alami untuk menata rambut
Yang dimaksud dengan produk untuk menata rambut ialah gel rambut dan hairspray. Hampir semua produk-produk menyerupai ini yang dijual bebas di supermarket mempunyai kandungan kimia yang sangat tinggi dan berpotensi sangat besar untuk menciptakan rambut anda menjadi rusak. Untuk menanggulanginya, anda harus mengurangi penggunaan produk penata rambut tersebut atau menggantinya dengan versi alami.

Anda sanggup membeli materi alami ini di toko produk-produk kesehatan, atau bahkan mencoba membuatnya sendiri. Hairspray sanggup dibentuk dengan adonan sitrus dan air, sedangkan gel sanggup diganti dengan larutan air biasa dan gelatin.

6. Terapi minyak
Ada aneka macam minyak yang sanggup memperlihatkan nutrisi bagi rambut anda dan membuatnya menjadi sehat kembali. Beberapa minyak ini juga mempunyai fungsi untuk menghitamkan rambut dan memperkuat akar-akarnya. Cobalah pergi ke toko kesehatan, dan carilah minyak rambut yang mempunyai fungsi untuk memperkuat rambut.

Anda sanggup juga melaksanakan terapi dengan menciptakan sendiri minyak rambut anda, dengan olive oil (minyak zaitun) atau aneka macam minyak alami lainnya. Gunakan minyak tersebut ke akar rambut anda, pijat-pijat selama 15 menit, kemudian bilas hingga higienis dengan air hangat.

5. Jangan terlalu sering keramas
Keramas memang bagus untuk membersihkan rambut dan kulit kepala, dan dianjurkan untuk dilakukan secara rutin. Namun terlalu sering berkeramas justru sanggup mempunyai imbas bumerang yang berbalik menciptakan rambut anda menjadi cepat rusak. Ini sanggup terjadi terutama bila anda memakai aneka macam macam shampo dengan kandungan materi kimia yang tinggi.

Oleh lantaran itu, sangat disarnkan untuk paling banyak melaksanakan keramas ialah 3 kali dalam seminggu. Jika anda berkeramas tiap hari, hal ini sanggup menciptakan rambut menjadi rapuh, modah rontok, dan dalam jangka panjang sanggup merusak kualitas pertumbuhan rambut anda.

4. Jika berenang, gunakanlah topi renang
Apabila anda mempunyai hobi berenang dan rambut yang panjang, topi renang ialah barang yang wajib anda miliki. Saat berenang, rambut anda mempunyai resiko sangat besar untuk rusak. Kondisi air bak renang yang biasanya disterilkan dengan zat kimia berpotensi menciptakan rambut anda cepat rontok. Selain itu, sinar matahari yang menimpa rambut juga makin mempertinggi risiko kerusakan.

Oleh lantaran itu, tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu membeli topi renang. Harganya tidak seberapa, namun untuk jangka panjang sanggup menyelamatkan anda dari biaya yang cukup banyak untuk mengobati rambut yang rusak.

3. Potong rambut
Metode ini juga terbukti sangat efektif untuk mengatasi rambut rusak. Cobalah untuk memotong ujung-ujung rambut anda yang rusak dan bercabang, untuk mencegah "penularan" ke rambut anda yang gres saja tumbuh. Selain menciptakan rambut anda lebih segar, memotong rambut juga memilki fungsi untuk menyegarkan sel-sel rambut.

Satu hal yang perlu diperhatikan, begitu simpulan memotong rambut, jangan lagi mengulang aneka macam kesalahan yang sama yang berpotensi menciptakan rambut anda kembali menjadi rusak. Langsung ikuti tips-tips kesehatan yang sudah kami berikan di atas.

2. Jauhkan rambut anda dari sinar matahari langsung
Sinar matahari mempunyai kandungan sinar ultraviolet yang sangat tinggi, yang apabila diterima secara berlebihan sanggup menciptakan rambut rapuh, berubah warna, dan terlihat tipis. Oleh lantaran itu, selalu lindungi rambut anda dari sinar matahari langsung, terutama di siang hari ketika matahari sedang memancarkan sinar dengan intensitas tinggi.

Selalu gunakan epilog kepala, terutama jikalau anda beraktivitas di luar ketika siang hari. Saat berada di pantai, tutup kepala juga menjadi hal yang wajib dikenakan. Jika rambut anda terkena sinar matahari pribadi dalam waktu yang lama, segera beri kondisioner untuk mengurangi imbas kerusakan rambut.

1. Jaga kesehatan badan anda secara menyeluruh
Ya, anda juga harus memperhatikan kesehatan badan anda secara keseluruhan. Yang dimaksud kesehatan badan secara keseluruhan ini ialah kesehatan sistem pencernaan, pernapasan, peredaran darah, suhu tubuh, dan lain-lain. Pada intinya, jikalau badan anda sehat, hal ini juga kuat nyata pada kesehatan mata, kesehatan kulit, dan tentu saja kesehatan rambut.

Pastikan juga sehat secara mental, lantaran stress juga sanggup memicu kerusakan rambut. Pastikan untuk makan makanan bergizi, olahraga teratur, dan tidur cukup. Pola hidup yang sehat dan seimbang akan menciptakan rambut anda tampak lebih sehat dan berkilau.

Tip perawatan rambut lainnya:

Seperti itulah informasi top 10 kali ini seputar dunia kesehatan dan kecantikan. Semoga 10 tips mengatasi rambut rusak diatas sanggup membantu anda dalam mengatasi kerusakan pada rambut anda.

www.rambutsehatcantik.com
Memiliki rambut sehat dan cantik 
merupakan cita-cita kita semua





Tag : Health, Rambut, Tips
0 Komentar untuk "10 Cara Mengatasi Rambut Rusak"

Back To Top